- News
Acara Thrift Brand Membangun Ikatan Komunitas di Jeddah
Perkenalkan Monochrome Community, sebuah merek dan penyelenggara acara yang merevolusi dunia ritel untuk para pembeli yang sadar lingkungan.
Ringkasan Artikel:
- Komunitas Monokrom memulai acara "Satu Atap" pada tanggal 3 Oktober di Distrik Ar Rawdah, Jeddah.
- Penyelenggara acara yang berbasis di Jeddah ini mengedepankan kepraktisan dan mode yang lambat, dalam upaya mengurangi limbah dan mempromosikan keberlanjutan. Selain itu, acara ini juga mendorong interaksi di antara para pelanggan, para kreatif muda, dan warga Saudi yang memiliki gaya hidup yang maju.
Jika Anda menyukai makanan, fashion, musik, dan budaya, maka toko barang bekas Monochrome Community mungkin cocok untuk Anda.
Berlangsung pada tanggal 3 hingga 4 Oktober 2024, acara belanja acara belanja menyatukan semua ini di JeddahDistrik Ar Rawdah di Jeddah.
Bertajuk “One Roof,” acara ini menawarkan lebih dari sekadar terapi ritel.
Sembari melihat-lihat permadani dan aksesori yang dipilih dengan cermat, Anda juga dapat menikmati pertunjukan langsung dan sesi melukis wajah.
Selain itu, Anda juga dapat mencicipi makanan dan minuman sepanjang malam.
Acara ini dimulai pukul 17.00 dan berakhir pada pukul 00.00.
Goyangkan pinggul Anda dan anggukkan kepala Anda mengikuti irama musik yang dimainkan oleh DJ Odee dan DJ Roody.
“One Roof” hanyalah salah satu dari sekian banyak inisiatif yang diselenggarakan oleh Monochrome Community, sebuah penyelenggara acara independen.
Komunitas ini bangga karena tidak hanya mewujudkan konsep, tetapi juga membangun rasa kebersamaan dan mempromosikan keberlanjutan.
Bagaimana semuanya dimulai
Dalam sebuah wawancara dengan Arab News, pendiri Komunitas Monokrom, Faris Al-Manea, menceritakan bagaimana ia memulai bisnis toko barang bekas.
“Alasan utama saya mendirikan toko barang bekas pada awalnya adalah karena saya adalah seorang penghemat dan melihat bahwa Jeddah tidak memiliki banyak toko barang bekas pada saat itu,” jelasnya.
Pada awalnya, Al-Manea menawarkan untuk menjual produk klien secara online.
Dia kemudian mengamati banyak orang yang juga menjual buku.
Saat itulah ia dan rekan bisnisnya berpikir untuk membuka toko buku bekas.
Dengan menyelenggarakan acara bedah buku, mereka belajar pentingnya menyelenggarakan kegiatan semacam itu secara rutin.
Tak lama kemudian, lahirlah Komunitas Monokrom.
Selain berbelanja berbagai pilihan barang bekas, pelanggan juga dapat berinteraksi satu sama lain dengan makanan dan musik.
Komunitas ini telah berkembang menjadi tuan rumah acara mode, sesi selai, acara seni, malam permainan papan, dan sejenisnya.
Mengedepankan kepraktisan dengan belanja hemat
Al-Manea juga ingin menantang mentalitas bahwa membeli atau memiliki sesuatu yang sebelumnya adalah milik orang lain adalah hal yang tabu.
“Kami sebagai masyarakat menganggap tabu untuk memiliki atau membeli barang bekas, baik itu pakaian atau barang rumah tangga sehari-hari,” katanya.
“Saya mulai berharap bahwa mungkin sedikit demi sedikit saya dapat mengubah mentalitas tersebut. Itu adalah konsep yang sangat ketinggalan jaman tanpa dasar logika yang nyata. Mengapa Anda harus pergi keluar dan membeli hoodie seharga SR600 ($160) jika Anda bisa membeli hoodie yang sama dengan kondisi yang hampir sempurna seharga SR100?”
Membuat langkah sadar lingkungan
Sejak saat itu, dunia barang bekas berkembang di Arab Saudi, dengan lebih banyak pembeli yang sadar lingkungan memilih untuk membeli barang bekas.
Tren yang sebelumnya populer di tahun 1960-an dan 1980-an ini dengan cepat kembali populer .
Belakangan ini, generasi muda sangat tertarik dengan tren ini karena mereka mencari alternatif selain mode cepat saji.
Berbelanja barang bekas tidak hanya membantu konsumen menghemat uang, tetapi juga mengurangi limbah dan mendorong daur ulang dan upcycling.
Selain itu, sebagian besar toko barang bekas memberikan kembali kepada masyarakat dengan mengumpulkan uang untuk amal atau menerima sumbangan dalam bentuk barang.
Komunitas Monokrom telah menjadi lebih dari sekadar pasar – ini adalah gerakan budaya.
Acara-acaranya menarik minat keluarga, pekerja kreatif, dan individu yang menyukai mode, yang semuanya memiliki minat yang sama terhadap keberlanjutan dan budaya lokal.
Dengan menyatukan kelompok-kelompok ini, Monokrom telah berkontribusi pada penciptaan ruang budaya yang lebih inklusif di Jeddah. Gambar oleh freepik