- News
Sektor Pariwisata Arab Saudi Dapat Pendanaan Lebih dari $1 Triliun
Penasihat Khusus Pariwisata PBB Anita Mendiratta menjelaskan bagaimana kerajaan ini mengatasi berbagai tantangan pariwisata dengan dana yang sangat besar.
Ringkasan Artikel:
- Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, Penasihat Khusus Pariwisata PBB untuk Sekretaris Jenderal Anita Mendiratta berbicara tentang bagaimana Arab Saudi menghadapi berbagai tantangan pariwisata. Ini termasuk interkonektivitas, kemudahan perjalanan, biaya perjalanan, dan persepsi publik.
- Dengan tujuan untuk mencapai tujuan Visi 2030, Arab Saudi memanfaatkan pariwisata internasional dan domestik.
- USD 1 triliun akan digunakan untuk perangkat keras, proyek-proyek giga, akomodasi, bandara, maskapai penerbangan, pengembangan perangkat lunak, dan pengembangan sumber daya manusia.
Arab Saudi menggelontorkan lebih dari USD 1 triliun (SAR 3,75 triliun) dalam bentuk investasi untuk meningkatkan sektor pariwisatanya.
Ini adalah investasi besar-besaran yang bertujuan untuk mengukuhkan posisi kerajaan sebagai tujuan wisata global terkemuka.
Anita Mendiratta, Penasihat Khusus Pariwisata Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Sekretaris Jenderal, menjelaskan bagaimana kerajaan ini berupaya untuk mencapai tujuan tersebut.
Dalam sebuah wawancara dengan Lizzy Burden dari Bloomberg, Mendiratta berbicara tentang tantangan yang dihadapi Arab Saudi: interkonektivitas, kemudahan perjalanan, biaya perjalanan, dan persepsi publik.
Memanggil para pelancong ke Arab Saudi
Selama wawancara, Burden bertanya tentang bagaimana Arab Saudi berencana untuk meningkatkan pariwisata internasional.
Mendiratta menekankan bagaimana kerajaan ini mampu mencapai target 100 juta wisatawan pada tahun 2030 pada awal tahun 2023.
Meningkatkan interkonektivitas memungkinkan hasil tersebut.
Namun, penasihat tersebut juga menunjukkan bagaimana interkonektivitas lebih dari sekadar interpretasi yang jelas, bagaimana interkonektivitas juga merangkum keterbukaan kepada dunia.
“Interkonektivitas juga merupakan interkonektivitas secara psikologis,” kata Mendiratta.
“Dan memastikan bahwa ada undangan kepada dunia, agar semua orang benar-benar datang dan berkunjung. “Mereka memastikan bahwa terutama konektivitas udara sedang terjadi, pada tingkat perubahan besar, baik dalam hal konektivitas internasional maupun domestik untuk memastikan orang-orang dapat bepergian dengan mudah di dalam kerajaan itu sendiri.”
Pariwisata dan ikatannya Visi 2030
Fondasi transformasi pariwisata Arab Saudi ada pada tujuan Visi 2030-nya, yang akan membedakannya dari destinasi lain.
Investasi besar-besaran negara ini akan digunakan untuk perangkat keras, proyek-proyek besar, akomodasi, bandara, maskapai penerbangan, pengembangan perangkat lunak, dan pengembangan sumber daya manusia.
Salah satu proyek giga, misalnya, adalah pusat hiburan, tempat wisata, dan seni di Qiddiya.
Dan meskipun tujuannya adalah untuk meningkatkan pengalaman turis, pemerintah Saudi memastikan untuk menyuntikkan budaya dan warisannya.
Dengan cara ini, pihak berwenang Saudi dapat mendorong warga Saudi untuk berpartisipasi aktif dalam sektor pariwisata.
“Karena mereka ingin memastikan bahwa pengunjung ke kerajaan menikmati standar internasional tetapi dengan gaya Saudi,” Mendiratta menjelaskan.
“Dan CEO Pariwisata Saudi, Fahd Hamidaddin, selalu sangat jelas dalam memastikan bahwa orang-orang memahami bahwa ini adalah pengembangan pariwisata Saudi untuk kebaikan warga Saudi, bukan hanya untuk kebaikan pengalaman pariwisata,” lanjutnya.
“Dan itu berarti masyarakat Saudi bangga menjadi tuan rumah, menjadi bagian dari ekonomi pariwisata dan merasa bahwa mereka membentuk masa depan mereka melalui pengembangan pariwisata yang selaras dengan Visi 2030.”
Selain itu, penasihat tersebut juga menyoroti bahwa meskipun wisatawan internasional penting, pariwisata domestik yang kuat adalah fondasi dari setiap industri pariwisata.
“Karena di situlah Anda perlu mendapatkan kunjungan berulang, penyebaran di sekitar destinasi, dan pada akhirnya memastikan bahwa Anda memiliki ekonomi pariwisata yang berlangsung sepanjang tahun, tidak hanya berfokus pada periode liburan,” jelas Mendiratta.
“Jika tidak, Anda sebenarnya melembagakan musim dan melembagakan tantangan tenaga kerja.”
Aksesibilitas dan perubahan
Kembali ke interkonektivitas, Mendiratta juga menekankan bagaimana akomodasi pariwisata, meskipun penting, sangat bergantung pada aksesibilitas.
Sebagai contoh, Riyadh Air yang baru saja diumumkan akan memulai debut penerbangannya pada tahun 2025.
Dengan mempertimbangkan pariwisata internasional dan aksesibilitas regional, pihak berwenang Arab Saudi juga bekerja sama dengan maskapai penerbangan regional.
Proyek-proyek infrastruktur dan peningkatan aksesibilitas merupakan hal yang penting bagi transformasi Arab Saudi.
Namun, masih ada masalah reputasi kerajaan.
Burden bertanya, sejauh mana kerajaan mengubah citra dan budayanya?
Mendiratta menunjukkan bahwa itu semua akan bermuara pada apa yang disaksikan oleh dunia.
Dia mencatat, “Perhatikan tindakannya. Lihatlah bukti-bukti pengirimannya. Apakah perempuan terlibat dalam industri ini? Apakah mereka dirayakan? Apakah mereka diberi kebebasan? Tentu saja.”
Selain itu, meningkatkan pariwisata dan perubahan juga memerlukan pembinaan kemitraan dengan orang-orang dari luar kerajaan.
“Saat ini, dunia membutuhkan inspirasi,” kata Mendiratta.
“Dunia membutuhkan bukti dari sebuah lingkungan, komunitas, tempat di dunia yang benar-benar berfokus pada masa depan dan ingin dunia menjadi bagian darinya.” “Itulah mengapa [Saudi Arabia is] membawa investor internasional, merek hotel internasional, ekspatriat internasional. Ini adalah cerminan dari fakta bahwa ini adalah Saudi yang melakukannya dengan dunia, bukan hanya untuk Saudi.” Foto oleh Rabah Al Shammary di Unsplash